Kewajiban Ayah Terhadap Anak Perempuan

nama bayi cantik imut

Kewajiban Ayah terhadap Anak Perempuan – Dalam ajaran Islam, Ayah adalah pemimpin dalam keluarga. Salah satu kewajiban dan tanggung jawab Ayah adalah membawa seluruh keluarga menuju kebaikan.

Tugas yang terlihat mudah, namun sebetulnya sangat sulit dijalankan. Tidak hanya itu, Ayah juga bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan, terutama yang menyengkut kemaslahatan keluarga. Oleh karenanya seorang Ayah wajib memiliki sifat bijaksana dan adil.

Terlebih lagi jika seorang Ayah memiliki anak perempuan. Tanggung jawabnya akan semakin besar. Seorang Ayah wajib melindungi dan membimbing anak perempuannya dengan baik. Ada kewajiban-kewajiban yang perlu diutamakan oleh seorang Ayah terutama terhadap anak perempuannya. Lantas, apa saja kewajiban Ayah terhadap anak perempuan?

1. Menamainya dengan nama yang islami

mendidik anak sholehah

siraplimau.com

Pemberian nama dalam Islam adalah hal yang penting dan perlu diperhatikan. Dalam sebuah namalah orang tua memberikan doa dan pengharapan kepada sang anak. Karenanya, namakanlah anak perempuan kita dengan nama-nama yang mengandung makna yang baik dan disukai Allah.

Beberapa nama anak perempuan yang disukai Allah, seperti memberikan nama anak perempuan dengan nama-nama yang Islami, berikan nama dengan dua suku kata dalam Islam, berilah nama-nama seperti nama keluarga terdekat nabi (misalnya Aisyah, Azzahra, Fatimah, dan sebagainya), berilah nama dengan nama-Nya yang indah (Asma’ul Husna), dan berikan nama dengan nama-nam anak yang shalehah dari kaum muslimin.

2. Mendidik dengan cara yang baik

Didiklah anak dengan cara-cara yang baik yang penuh dengan kasih sayang, seperti mencintainya, selalu menguatkan mentalnya dalam berbagai keadaan, dan penting untuk memberikan ilmu agama kepada anak perempuannya.

Tentu saja ini merupakan tangung jawab seorang Ayah yang baik dan seorang muslim yang sangat wajib dijalani. Sebab, disinilah letak pertanggungjawaban seorang Ayah dihadapan Allah, mendidik anak perempuannya dengan ajaran Islam.

3. Mengajarkan akhlak yang baik

anak perempuan

brilio.net

Mengajarkan akhlak yang baik merupakan kewajiban Ayah terhadap anak perempuan yang juga menjadi keutamaan. Sebab, dengan akhlak yang baik, niscaya sang anak akan berkehidupan baik. Contohlah Rasulullah dalam mengajarkan akhlak kepada anak-anak perempuannya.

Rasul kerap kali mengajarkan kepada anak perempuannya, tentang berperilaku baik terhadap sesama makhluk hidup. Bukan hanya manusia, tapi juga hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup ciptaan Allah lainnya.

Hal ini biasanya diajarkan Rasul kepada umatnya melalui kisah nabi dan tentu saja Al-Quran. Karenanya, bagi para calon orang tua wajib mempelajari terlebih dahulu tentang ajaran agama Islam sebaik-baiknya.

4. Mengawasi pergaulannya

Mengawasi pergaulannya, bukan membatasi pergaulannya. Hal ini sangat penting diperhatikan, karena semakin beranjak dewasa, anak semakin dekat dengan pergaulan luarnya dan mulai menerima apa yang tidak diajarkan di dalam rumah. Penting bagi orang tua untuk selalu mengawasi pergaulannya.

Bisa juga dengan cara memastikan bahwa cinta pertama sang anak perempuan adalah Ayahnya. Seorang anak perempuan yang merasakan kedekatan emosi dengan Ayahnya, akan memanimalisir kemungkinannya terjebak dalam pergaulan bebas yang cenderung buruk.

5. Memberi perlindungan

Kewajiban Ayah terhadap anak perempuan berikutnya adlah memberikan perlindungan dari marabahaya. Selayaknya anak laki-laki, anak perempuan juga wajib diberikan perlindungan. Namun, dua kali lipat harus lebih terfokus. Hal ini karena faktanya perempuan lebih rentan menerima kejahatan dibandingkan dengan laki-laki.

Contoh perlindungan Ayah terhadap anak permepuannya, misalnya memberikan batasan jam keluar malam, karena malam hari sangat rentang penjahat. Ayah juga wajib meluangkan waktu untuk mengantar anak perempuannya keluar rumah jika memang diperlukan.

Seorang Ayah juga wajib menasehati anak perempuan untuk membatasi diri dengan lawan jenisnya. Bukan berarti tidak boleh berteman, namun membatasi diri.

By: diarymuslim

Published on Jun 21, 2018 | Under Lain-lain | By Anonim
Tagged with › Anak perempuan
please edit your menu