Biografi Robert Hawke yang Menarik untuk Diketahui 

Mungkin belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang biografi Robert Hawke. Robert Hawke merupakan seorang mantan politus yang menjabar sebagai Perdana Menteri ke-23 di Australia. Robert Hawke lebih dikenal dengan nama Bob Hawke.

Robert Hawke pernah mengalami kecelakaan yang cukup hebat sehingga mengakibatkan dirinya harus diambang mati dan hidup. Setelah ia berhasil selamat dari keadaan tersebut ia memutuskan untuk tidak menyia-yiakan hidupnya dan berusaha keras meraih impiannya untuk menjadi Perdana Mentri.

Kelahiran Robert Hawke

Image Source: portrait.gov.au

Robert Hawke lahir di Australia Selatan pada tanggal 9 Desember 1929. ia merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Ayahnya merupakan pendeta yang memiliki ilmu agama yang cukup kuat. Ibunya adalah seorang guru yang mengajar disekolah-sekolah umum.

 

Kakaknya yang berbeda tujuh tahun dengan Robert Hawke meninggal dunia saat berusia 17 tahun. ia meninggal karena penyakit meningitis yang pada saat itu belum ada obatnya. Saat Robert Hawke menginjak 17 tahun ia juga sempat terlibat kecelakaan yang mengakibatkannya koma.

 

Pendidikan Robert Hawke

Salah satu biografi Robert Hawke yang ingin banyak orang ketahui adalah bidang pendidikan yang ia jalani. Robert Hawke bersekolah di Perth Modern School dan University Of Western Australia. ia lulus pada tahun 1952 dalam studi bidang seni dan juga bidang hukum.

 

Ia melanjutkan sekolah S2 nya dan mendapatkan beasiswa di University College, Oxford dalam bidang sejarah seni. Robert Hawke mengambil jenjang doktornya setelah mendapatkan beasiswa di Australian Nasional University di Canberra untuk memperdalam ilmu dalam bidang hukum.

 

Karir Robert Hakwe

Selain pendidikan, karir dalam biografi Robert Hakwe juga sangat ingin diketahui oleh banyak orang. Setelah menjalani sekolah di bidang seni dan hukum Robert Hawke mulai menyadari bakatnya yang cukup kental di bidang hukum. Robert Hakwe memulai karirnya sebagai seorang riset di dewan buruh.

 

Namun, seiring berjalannya partai tersebut ia menunjukkan keinginannya untuk terjun di dunia politik. Awalnya Robert Hakwe menjabat sebagai DPR kemudian melebarkan sayapnya dan mampu terpilih menjadi Perdana Mentri yang memimpin partai buruh.

 

Keluarga Robert Hakwe

Robert Hakwe menemukan pujaan hatinya dan menikahi Hazel Masterson pada tahun 1956. Dari pernikahannya tersebut ia di karuniai tiga orang anak. Namun dalam menjalani hubungan rumah tangganya Robert Hakwe menjadi pribadi yang cukup emosional dan sering bermabukan.

 

Robert Hakwe mulai menjadi pemabuk setelah bayinya yang ketiga meninggal saat masih bayi. Robert Hakwe melakukan perselingkuhan dengan seorang penulis bernama Blanche d’Alpuget dan meninggalkan istrinya demi selingkuhannya tersebut. Akhirnya pasangan ini harus bercerai pada tahun 1995.

 

Prestasi Robert Hakwe

Robert Hakwe menjabat sebagai Perdana Mentri dengan masa jabatan yang terlama yaitu delapan tahun. ia mampu terpilih menjadi Perdana Mentri hanya dalam hitungan dua tahun setelah ia menjabat di parlemen. Robert Hakwe sangat dikenal karena keberhasilannya dalam hal memimpin partai buruh.

 

Robert Hakwe berhasil memperjuangkan hak dan kesejahteraan pada buruh. ia merupakan tokoh yang mengupayakan kestabilan untuk upah para buruh. Selain itu, ia juga memajukan dan membuka pasar global untuk negara Australia.

 

Itulah biografi Robert Hakwe yang harus diketahui. ia merupakan salah satu tokoh yang berperan penting dalam kemajuan politik di Australia. ia juga merupakan pelopor dari kemajuan ekonomi dan bisnis di Australia. ia dikenal dengan pribadi yang tegas dan berwibawa.

 

 

Published on Apr 21, 2019 | Under Tips | By Anonim
please edit your menu