Cara Budidaya Ikan Bandeng dengan Hasil Maksimal

Budidaya ikan bandeng termasuk salah satu jenis usaha budidaya ikan yang saat ini banyak dilirik, karena ikan bandeng sendiri mempunyai nilai jual yang lumayan bias sangat menguntungkan. Bahkan untuk usaha budidaya ikan bandeng yang sudah sangat sukses mampu menembus pasaran luar negri. Untuk membudidayakan ikan bandeng memang memerlukan waktu yang tidak sebentar, tentunya hal ini juga akan berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia yang mampu mengolahnya dengan baik. Karena untuk ketersediaan bibit bandeng juga tidak terlalu susah untuk dicari. Sebelum kita terlalu jauh berbicara mengenai budidaya ikan bandeng di tambak, ada baiknya ada beberapa tips awal yang perlu anda ketahui. Ikan bandeng merupakan jenis ikan laut yang berasal dari family Chanidae. Tingkat adaptasi ikan bandeng juga sangat tinggi, terlebih apabila sudah terjadi perubahan salitinas, maka akan sangat berpengaruh sekali. Untuk tambak bandeng membutuhkan PH tanah sekitar 7-8. Sebelum anda membudidaya ikan bandeng ada baiknya anda simak tips mudahnya sebagai berikut

Persiapan kolam

Untuk persiapan kolam maka tanah harus memiliki pasang surutnya air yang tidak terlalu signifikan, karena ketersediaan air segar akan sangat mengatur komposisi garam untuk bias membuat budidaya ikan bandeng menjadi berkembang biak. Dan harus anda ketahui bahwa lokasi yang sangat ideal untuk membudidayakan bandeng yakni hutan mangrove.

Tahap pemupukan dan penyebaran bibit

jika bagisa dasar dari tambaknya sudah retak maka anda harus melakukan pemupukan ulang di bagian dasar tambaknya. Adapun untuk pupuk yang biasanya digunakan yakni pupuk kompos dengan dosis yang telah ditentukan pada ukuran beberapa hektar.untuk pemupukan sendiri bias dilakukan dengan rentang waktu 2 minggu sekali hingga menjelang akan panen. Apabila anda telah menyiapkan tempat yang sudah tepat maka bibit ikan bawal juga sudah bisa di sebar. Apabila bibit ikan sudah disebar maka langkah selanjutnya yakni proses pemberian makan yang harus rutin, dan jangan lupa untuk setiap 2 minggu sekali berikan pupuk organic yang harus anda sebar di dalam penangkaran ikan bawal

Tahap panen

langkah yang terakhir sebagai final yakni tahap panen dari hasil budidaya ikan yang kita lakukan selama ini, untuk tahap panen ikan bandeng memiliki 2 cara, yakni total panen dan harvest selektif, untuk anda yang belum mengetahui 2 jenis dari tahapan ini maka harus anda simak apa maksudnya, untuk harvest selektif anda akan melalui proses pengeringan air terlebih dulu hingga mencapai kurang lebih 70%. Sementara untuk panen total dilakukan dengan memanen semua ikan secara bersamaan tanpa melihat ukuranya. Sehingga pemerataan memanen dari semua ikan.

Itulah kiranya langkah yang harus anda perhatikan sebelum anda melakukan budidayaan ikan bandeng, anda harus mengenali jenis ikan tersebut lebih dulu, sehingga dari sana anda akan bisa atau menentukan bagaimana langkah yang tepat untuk membudidayakanya. Karena proses selama budidaya apabila terjadi kesalahan ataupun kekeliruan maka sangat ditakutkan apabila terjadi hal yang sangat fatal dan dalam kenyataan terburuk bahkan bisa membuat anda menjadi gagal panen ataupun banyak mendapati ikan yang tumbuh dengan tidak baik. Sebenarnya untuk melakukan budidaya ikan dengan jenis apapun anda tidak perlu harus memiliki pengalaman yang sangat berarti, cukup anda memiliki pengetahuan dan bisa dalam mengaplikasikanya dengan baik dari setiap tips-tips yang anda telah ketahui.

Published on Mar 6, 2018 | Under Bisnis | By Anonim
Tagged with › perikanan
please edit your menu