Cara Budidaya Ikan Bawal Yang Tepat dengan Hasil Terbaik

Saat ini banyak orang yang tertarik dengan melirik usaha budidaya ikan bawal air tawar, selain menguntungkan, usaha budidaya ika air tawar bisa anda lakukan sebagai usaha sampingan. Karena tidak terlalu membutuhkan waktu anda 24 jam untuk berkutat didalamnya. Anda juga tidak memerlukan pengalaman yang khusus apabila ingin melakukan usaha budidaya ikan. Cukup dengan pengetahuan dan kemudian anda ulet untuk menekuni proses didalamnya. Untuk ikan bawal sendiri seperti yang diketahui bahwasanya ikan ini merupakan ikan predator air tawar yang konon katanya berasal dari sungai amazon di brazil. Selain bentuknya yang memang sangat mirip dengan ikan piranha ciri lain dari ikan bawal juga memiliki lubang hidung yang terbilang besar serta gigi tajam nya yang merupakan ciri khas dari ikan carnivora. Untuk cara hidup ikan bawal biasanya ikan ini memang sangat suka bergerombolan dengan mamangsa siput, udang dan ikan-ikan kecil lainya yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari pada tubuhnya.

agribisnis.org

Untuk ikan carnivora biasanya lebih disukai oleh beberapa peternak ikan karena memiliki nilai tersendiri yang katanya lebih menguntungkan. Hingga sampai saat ini ikan bawal amsih merupakan ikan yang sangat digemari di pasaran ikan, ikan bawal juga memiliki banyak manfaat yang dapat membantu pertumbuhan otak untuk anak, karena ikan bawal mengandung DHA dan juga EPA yang membantu untuk tumbuh kembang otak anak. Kemudian ikan bawal juga bisa untuk mencegah datangnya stroke, meski hal ini belum di dukung dengan penelitian yang  terlalu signifikan. Dengan banyaknya manfaat ikan bawal maka tak heran apabila ikan bawal sangat laku keras dipasaran, berikut beberapa cara untuk budidaya ikan bawal yang tepat

Persiapan lahan budidaya

Langkah utama yang harus di siapkan dalam budidaya ikan yakni persiapan lahan yang sesuai dengan kebutuhan anda, seperti misalnya lahan yang akan digunakan buat bangun kolam, kolam disini bias kolam terpal ataupun kolam tembok, untuk membuat kolam biasanya ditentukan dari banyaknya ikan yang akan anda budidayakan. Seperti apabila anda langsung ingin membudidayakan ikan dalam skala yang besar maka kolam dengan dinding temboklah yang sangat tepat.

Persiapan bibit ikan

Selanjutnya anda harus menyiapkan bibit ikan, dalam persiapan benih sebenarnya akan sama saja, karena setiap ingin membudidayakan ikan pastinya anda akan mencari bibit unggul yang juga baik, untuk ukuran bibit bawal sendiri biasanya berkisaran antara 5-8 cm, dan ada baiknya anda mengkarantina bibit-bibit ikan kurang lebih 1-2 hari agar ikan tersebut dapat beradaptasi.

Langkah pembuatan kolam ikan

Langkah selanjutnya untuk budidaya ikan bawal yakni terletak pada pembuatan kolam harus disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan anda budidayakan, untuk ukuran kolam pada umumnya 7×10 m dengan kedalaman air kurang lebih 150 m. untuk ukuran yang demikian telah bias menampung bibit ikan bawal sebanyak 3500 ekor.

baca juga selanjutnya di jempolkaki.com

Langkah membuat saluran dan pembuangan air

Langkah ini harus dilakukan untuk menjaga kebersihan air, karena kebersihan air akan berpengaruh terhadap kualitas ikan yang akan anda budidayakan. Apabila air kotor ditakutkan bahwa ikan tersebut akan setres dan hal hal terburuk yang mungkin terjadi yakni kematian. Namun untuk membuat saluran pembuangan air usahakan jangan terlalu besar dan harus ada sesuatu yang mampu menahan ikan bawalnya tersebut agar tidak ikut terlepas juga.

Published on Mar 6, 2018 | Under Bisnis | By Anonim
Tagged with › perikanan
please edit your menu