Cara Memilih Bibit Pepaya Jenis California

bibit pepaya california

Cara Memilih Bibit Pepaya – Siapa suka buah pepaya? Buah pepaya adalah buah yang memiliki rasa manis dan segar. Buah berwarna oranye ini punya manfaat yang sangat baik untuk pencernaan. Di dalam buah pepaya juga terkandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh dan kesehatan.

Mengkonsumsi pepaya setiap hari adalah suatu kebiasaan yang baik dan bisa membantu memelihara sistem pencernaan tetap lancar. Anda pun bisa menanam sendiri pohon pepaya di rumah agar bisa terus menikmati buah hasil kebun sendiri.

Pepaya jenis California banyak disukai dan dibudidayakan masyarakat Indonesia karena keunggulannya. Tapi sebelum menanam pepaya california, pastikan Anda tahu bagaimana cara memilih bibit pepaya yang baik agar hasilnya maksimal.

Pahami Cara Memilih Bibit Pepaya California Sebelum Menanam

bibit pepaya

jualbibitpepaya.com

Memilih bibit yang baik adalah langkah awal yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal. Kualitas genetik yang baik dipadu dengan cara penanaman dan pemeliharaan yang tepat akan menghaslkan buah pepaya unggulan.

Jika hasil panen baik maka pepaya tak hanya bisa dikonsumsi sendiri tapi juga bisa Anda pasarkan untuk menambah penghasilan. Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih bibit pepaya California yang tepat:

1. Memilih dan mengambilnya langsung dari biji yang diekstrak dari buah

Ketika Anda menemukan pepaya california yang manis dan unggul maka Anda bisa mengambil biji atau benihnya untuk dibudidayakan di rumah. Tapi pengambilan biji ini tidka bisa dilakukan sembarangan. Ada teknik khusus untuk mendapatkan biji unggulan yaitu dengan mengambil biji yang berada di bagian tengah buahnya.

Biji yang berada di bagian tengah ini biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan biji yang ada di kedua ujung lainnya.

2. Benih dibungkus rapat di dalam wadah alumunium

Jika membeli benih atau bibit siap tanam di toko pertanian maka pastikan bibit atau benih terbungkus dapat di dalam kemasan dengan bahan alumunium foil.

Ini penting untuk dipastikan supaya menjamin benih di dalamnya bebas dari serangan-serangan jamur. Adanya benih atau bibit yang terserang jamur ini bisa berpengaruh terhadap hasil buah dan kualitas pohon nantinya.

3. Punya daya tumbuh yang baik

berkualitas

4.bp.blogspot.com

Di dalam kemasan benih atau bibit papaya ini biasanya juga dicantumkan infomasi mengenai daya tumbuhnya. Pilhlah benih atau bibit dengan daya tumbuh yang tinggi serta persentase keberhasilan tumbuh tanaman yang juga tinggi.

Memang tidak dapat dipastikan kalau semua benih di dalam kemasan pasti dapat tumbuh 100%, tapi pastikan bahwa daya tumbuhnya lebih dari 70% untuk mencegah kerugian.

4. Pilih benih atau bibit yang masih baru dengan masa produksi tidak lebih dari 5 bulan

Semakin lamabenih atau bibit disimpan maka kualitasn dan daya tumbuhnya bisa semakin menurun. Untuk itu pilihlah benih atau bibit dengan masa produksi kurang dari 5 bulan. Setelah benih disimpan selama 5 bulan maka penurunan kualitas akan mulai terjadi.

Itu dia beberapa tips cara memilih bibit pepaya california yang tepat. Memilih bibit yang baik merupakan investasi yang tepat untuk penanaman di masa mendatang. Jangan lupa untuk memberikan pemeliharaan dan perawatan yang maksimal supaya bibit dapat tumbuh dan mencapai potensi terbaiknya.

Berikan pemupukan yang tepat agar tanaman pepaya bisa berbuah lebat dengan rasa yang manis dan legit. Lakukan pula pengendalian hama dan penyakit supaya tanaman bebas dari masalah tersebut.

Published on Jul 11, 2019 | Under Tips | By Anonim
please edit your menu