Pengertian, Tugas, Fungsi dan Tujuan Manjemen SDM

Manjemen SDM – Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang pengertian, tugas, fungsi dan juga tujuan manajemen SDM. Materi tentang SDM sudah sering dibahas dalam buku pelajaran. Pelajaran tentang sumber daya manusia memang sudah sepatutnya bisa dipahami oleh anak didik sejak dini.

Pengertian Manajemen SDM

https://manajement.info

Manajemen Sumber Daya Manusia atau yang biasaya disingkat dengan manajemen SDM artinya secara luas adalah sebuah proses kerja yang melibatkan manusia sebagai pekerjannya. Biasanya manajemen seperti ini menangani berbagai masalah yang berada di seputar tenaga kerja (manusia). Tujuan nya tidak lain agar aktifitaa organisasi atau perusahaan dapat terjamin keberlangsungannya.

Sedangkan pengertian secara khusus diambil dari sebuah teori yang ditulis oleh A.F. Stoner isinya yaitu pengertian manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat, untuk selanjutnya akan ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepatpada saat organisasi atau perusahaan memerlukannya.

Tugas manajemen SDM secara garis besar, yaitu:

1. Persiapan awal

Melakukan persiapan serta seleksi calon pegawai

Tugas awal yang akan dilakukan oleh manajemen SDM adalah persiapan. Di sini pihak manajemen akan melakukan persiapan perencanaan kebutuhan akan sumberdaya manusia yang mana harus mencocokan dengan bernbagai pekerjaan yang mungkin timbu atau bisa melakukan taksiran akan pekerjaan yang lowong, jumlah kebutuhan SDM dan sebagainya.

Perekrutan tenaga kerja

Dalam tahapan ini mejenemen SDM harus dengan teliti dan hati – hati di dalam menentukan calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh ataupun manajer maupun kandidat untuk posisi yang lain. Di awal tahapan ini harus dirumuskan dengan seksama kualifikasi calon pegawai yang cocok untuk mengisi suatu lowongan atau posisi tertentu, misalkan saja membuat persyaratan umum setelah itu persyaratan khusus atau persyaratan yang lebih spesifik untuk suatu lowongan pada posisi tertentu. Pembagian persyaratan ini menjadi penting karena untuk menentukan calon pelamar, atau juga bisa digunakan untuk eliminasi awal.

Seleksi calon tenaga kerja

Setelah dilakukan perekrutan tenaga kerja, maka akan terjaring para calon pegawai yang memenuhi persyaratan yang diinginkan. ini adalah tahapan untuk menentukan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang di ingingkan dari banyak kandidat yang terjaring di awal. Yang pertama yang harus di lakukan pada tahap ini adalah penyortiran surat lamaran pekerjaan/curriculum vitae milik pelamar yang telah terkumpul, dari sini maka terlihatlah mana pelamar yang akan di panggil untuk tes berikutnya dan mana pelamar yang tidak memenuhi kualifikasi. Sertelah tahapan ini maka para pelamar yang memenuhi kualifikasi secara spesifik maka akan di panggil untuk tes selanjutnya yaitu testertulis, wawancara kerja/ interview dan proses seleksi selanjutnyayang di perlukan sesuai dengan posisi calon pegawai yang akan di isi.

2. Pengembangan dan evaluasi karyawan

http://abdulazizhusen.blogspot.com

Tenaga kerja baru pada sebuah perusahaan harus dapat menguasai pekerjaan yang di pegangnya secara keseluruhan, untuk itu maka pegawai harus mendapatkan bembekalan dan pelatihan ataupun training agar dapat menguasai dan ahli pada bidang yang di ampu/ di pegang serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu maka sangatlah penting untuk di adakanya pembekalan dan evaluasi tenaga kerja mulai dari tingkat jabatan yang rendah sampai tingkat jabatan yang tinggi.

3. Memberikan kompensasi dan perlindungan

Imbalan atau kompensasi atas kontribusi kerja menjadi sangat penting untuk dilakukan, hal ini di lakukan untuk menjaga psikologi tenaga kerja agar tetap semangat dalam bekerja sehingga produktifitas perusahaan dapat terjaga dengan baik. Selain itu perlindugan terhadap pegawai sangatlah penting untuk menjaga ketenangan pegawai agar tetap maksimal dalam bekerja dari waktu ke waktu.

Published on Mar 15, 2018 | Under Bisnis | By Anonim
please edit your menu