Menu Makanan Anak 12 Bulan, Agar Tumbuh Sehat serta Bertambah Berat Badan dengan Cepat

Pada usia 12 bulan, ASI bukan lagi sumber nutrisi utama. Anda sebagai orang tua sudah boleh memberi makanan pendamping ASI (MPASI) pada anak Anda. Memberi makanan sangat dianjurkan karena anak-anak di usia 12 bulan keatas mulai menunjukkan aktifitas lebih dari biasanya, sehingga memerlukan sumber nutrisi lain selain ASI.

Namun perlu diingat ketika memberi makanan pada anak usia 12 bulan, Anda harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi anak Anda memiliki nilai gizi yang seimbang. Anda juga boleh memberikan variasi makanan agar nantinya membantu si buat hati cepat tumbuh dan berkembang.

Berikut adalah menu untuk anak usia 12 bulan untuk membantu menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat. Anda orang tua harus mencoba menu makanan di bawah ini.

Menu Makanan untuk Anak Berusia 12 Bulan

Bayi yang baru lahir yang sedang berlatih berjalan diharuskan makan berbagai makanan. Namun, prioritas harus diberikan pada makanan yang paling bergizi, berikut beberapa saran menu makanan anak 12 bulan.

1. Pisang

Anak-anak berusia 12 bulan mulai belajar berjalan dan dengan rasa ingin mengeksplorasi semuanya. Bayi akan terus bergerak, sehingga dibutuhkan banyak energi dan harus tersedia secara rutin. Maka pisang bisa jadi pilihan makanan untuk anak Anda.

Pisang adalah makanan super, mengandung banyak kalori, mudah dicerna dan diserap. Tak hanya itu, pisang juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Setiap hari berikan sedikit pisang kepada si kecil dengan porsi seperti makanan ringan lainnya.

2. Alpukat

Meski merupakan buah, alpukat mengandung lebih banyak protein dan lemak, terutama lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk jantung dan otak anak. Alpukat mengandung serat tinggi, mudah dicerna dan tinggi kalori. Jadi jika Anda ingin menambah berat badan dengan cepat Anda tidak bisa mengabaikan buah yang satu ini.

Mirip dengan pisang, Anda bisa memotong alpukat menjadi potongan-potongan kecil dan membiarkan bayi memakannya sebagai makanan ringan. Atau Anda bisa menggilingnya dengan keju apel atau yogurt untuk menambah rasa dan menarik perhatian bayi Anda.

3. Keju

Makanan yang satu ini juga boleh dicoba untuk anak usia 12 bulan. Bahkan menurut American Dietetic Association, ketika lewat masa pemberian ASI eksklusif 6 bulan, keju sudah boleh dijadikan makanan tambahan untuk si buah hati. Selain karena rasanya lezat, keju juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi si kecil.

Di pasaran pada umumnya banyak dijual bermacam jenis keju. Beberapa bahkan ada yang dijual kiloan seperti jual keju mozarella kiloan, keju cheddar, keju parmesan, dan jenis keju lainnya. Perlu diketahui bahwa tidak semua keju aman dikonsumsi anak usia 12 bulan. Untuk saat ini jenis keju yang aman untuk bayi atau anak usia 12 bulan adalah keju jenis Cheddar.

4. Wortel

Wortel adalah makanan yang sangat baik untuk dimakan oleh anak-anak. Makanan ini kaya akan vitamin, terutama vitamin A. Tidak hanya itu, rasanya yang manis, mudah dimakan dan mudah dicerna karena seratnya tinggi. Cara membuat menu makanan terbuat dari wortel tidak sulit, Anda hanya perlu mencincang dan kemudian merebusnya sampai menjadi bubur untuk dimakan bayi.

5. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral, selalu di bagian atas kandungan nutrisi. Dalam banyak penelitian, brokoli memiliki zat anti kanker. Maka makanan ini sangat baik untuk ditambahkan ke dalam menu makanan untuk anak usia 12 bulan.

Brokoli adalah cara untuk membantu menjaga tingkat nutrisi tertinggi. Buatlah brokoli kukus lalu dicincang, agar bayi bisa memegangnya sendiri untuk dimakan. Selain itu, Anda juga bisa memotongnya dan dimasak bersama bubur nasi, daging, labu, telur, ubi jalar, untuk memastikan keseimbangan nutrisi.

6. Telur

Telur adalah makanan yang bergizi dan relatif aman dibandingkan dengan daging, ikan dan udang. Selain bahan utamanya adalah protein dan lemak, telur juga mengandung banyak vitamin A, kalsium dan seng yang bagus untuk perkembangan bayi. Telur mudah didapatkan dan mudah dimasak sehingga sangat tepat untuk ditambahkan dalam menu makan anak berusia 12 bulan.

Penggunaannya tidak sulit, Anda hanya perlu merebus telur lalu potong-potong agar bayi bisa makan dengan mudah. Atau bisa juga dimasak bersamaan dengan bubur dan sayuran. Jika keluarga Anda memiliki riwayat alergi terhadap telur, Anda bisa menunggu sampai bayi berusia di atas 1 tahun.

7. Ikan

Ikan kaya akan protein dan lemak yang membantu bayi berkembang dan tumbuh sehat. Jenis ikan seperti salmon atau mackerel bisa dipilih, karena keduanya mengandung banyak asam lemak omega-3 dan DHA, yang membantu otak, mata dan sistem kekebalan tubuh untuk tumbuh lebih baik. Pengolahan ikan tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyaring daging dan kemudian dimasak dengan bubur.

Mudah-mudahan, dengan menu makan bayi umur 12 bulan ini, bayi Anda akan makan lebih sehat dan tumbuh lebih besar.

Published on Jan 24, 2018 | Under Kesehatan | By Anonim
Tagged with › Anak 12 TahunKeju Mozarella
please edit your menu