Sejarah dan Peradaban Tertua di Dunia Menurut Islam

peradaban tertua islam

Pengkajian yang mendalam diperlukan untuk mencari sejarah kehidupan masa lalu dan mengetahui peradabannya. Peradaban tertua di dunia menurut Islam dari beberapa literatur menyebutkan bahwa Mesopotamia adalah yang tertua.

Peradaban Mesopotamia ini berlangsung antara tahun 3300 hingga 750 sebelum masehi. Islam tentunya menjadi agam tertua karena sudah ada sejak zaman Nabi Adam, walaupun ajarannya belum sempurna.

Peradaban Tertua dalam Sejarah Islam

1. Negara tertua Mesopotamia

Mesopotamia merupakan negara yang berada di antara sungai Eufrat dan Tigris. Peradaban yang sudah ada sejak 5000 tahun sebelum masehi ini terdiri dari berbagai suku. Pertama dikenal sebagai Bangsa Ubaid yang hidup sekitar 500 tahun sebelum mashei.

Mereka hidup dengan suatu kepercayaan sesuai bukti sejarah dengan ditemukannya peninggalan bangsa ini berupa tempat ibadah. Selanjutnya ada Sumeria yang diperkirakan berasal dari Asia. Peradaban tertua di dunia menurut Islam ini berlangsung bangsa Ubaid. Mata pencaharian yang dilakukan bangsa Sumeria adalah pertanian.

Selanjutnya adalah Bangsa Akkaida yang merupakan keturuan Semit. Bangsa ini memiliki wilayah kekuasaan hingga Mesopotamia bawah. Pada tahun 2230 sebelum masehi, Bangsa Akkaida berhasil menaklukan Sumeria di masa Dinasti Sargon I.

Kemudian dikenal lagi bangsa Amoriah yang berhasil merebut wilayah di sekitar Sungai Tigris dan Eufrat. Amoriah dipimpin oleh Hammurabi pada tahun 1792-1750 sebelum masehi. Bangsa Amoriah kemudian menamai wilayah yang dikuasainya sebagai Babilonia.

2. Agama tertua menurut Islam

ritual pemakaman

ytimg.com

Dalam sejarah umum, agama tertua adalah Hindu yang merupakan aliran agama dari bangsa Indo-Aria dan Dravida. Namun menurut literatur tentang peradaban tertua di dunia menurut Islam, agama tertua adalah Majuzi atau Zoroastrianisme.

Pada usia 30 tahun, Zarathustra mendapatkan wahyu pertama dan meyakini Tuhan yang Esa. Agama ini masuk dalam ajaran monoteisme dan mencapai kejayaan pada masa Raja Chorasma dengan kitab Avesta. Chorasma merupakan tempat bagi Zarathusa setelah pindah karena mendapat banyak tekanan. Chorasma sekarang dikenal sebagai negara Iran.

3. Peradaban dalam sejarah umum

Menurut sejarah umum, agama tertua di dunia adalah dari ajaran Hindu. Ajaran agama ini dikenal sebagai penggabungan dari ajaran Weda dan Brahma yang merupakan agama bagi Bangsa Indo-Aria. Ada juga kepercayaan Trimurti bagi golongan atau bangsa yang percaya dengan ajaran Brahma, Wishnu, dan Siwa.

Namun ada kebebasan mutlak bagi setiap orang untuk meyakini Tuhan di dalam ajaran Hindu. Menurut ahli sejarah, agama dalam primitive culture dikenal sebagai animisme yakni ajaran yang percaya terhadap roh di dalam mahluk hidup dan benda mati.

Perkembangan agama sudah ada sejak zaman primitif, manusia secara fitrah dan stimulatif selalu memiliki agama. Agama yang memiliki dua sumber yakni dibuat oleh manusia dan agama samawi atau yang diturunkan oleh Tuhan melalui wahyu.

Agama Islam sendiri diturunkan Allah melalui malaikat jibril yang membawa wahyu. Islam disempurnakan dengan adanya mukjizat berupa Alquran. Kitab suci ini menjadi mukjizat terbesar Nabi Muhammad. Nabi yang menjadi penutup para nabi.

Beberapa literatur menyebutkan bahwa jumlah nabi ada 124.000 dan jumlah rasul adalah 313. Namun nabi yang wajib diimani bagi semua umat muslim adalah 25.

Sejarah mengenai peradaban tertua di dunia menurut Islam juga tidak terlepas dari kisah kaum yang pastinya di tengah-tengah kaum tersebut ada nabi. Tidak menutup kemungkinan bahwa sang Budha adalah seorang nabi.

Itulah beberapa kisah mengenai peradaban tertua di dunia menurut Islam, termasuk agama yang dipercayai dalam peradaban tersebut.

Published on Aug 14, 2019 | Under Umum | By Anonim
please edit your menu