Menelusuri 6 Sejarah Candi Surowono Pare yang Membuat Penasaran

Obyek Wisata Sejarah Candi Surowono

Selain dikenal dengan Kampung Inggrisnya, kota Pare di Kediri juga memiliki candi bersejarah. Candi tersebut adalah candi Surowono, yang juga cukup populer menjadi destinasi para wisatawan. Candi ini mempunyai sejarah yang panjang dan berkaitan erat dengan kerajaan Majapahit. Dari kampung Inggris pare, tempat ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau dengan sepeda. Untuk mengetahui tempat wisata tersebut lebih mendalam, Anda wajib tahu 6 sejarah candi Surowono Pare dengan jelas.

6 Sejarah Candi Surowono Pare yang Harus Diketahui

Ketika Anda sedang berada di Kampung Inggris jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata sejarah yang satu ini, lokasi Candi Surowono berada di Desa Canggu. Untuk ke sana, sepeda merupakan sarana transportasi yang pas. Selama perjalanan akan terlihat jalan perkampungan, sawah dan deretan pohon tebu yang ditanam di sisi jalan. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung biasanya tidak diminta membayar tiket masuk ke kawasan candi. Namun, pengunjung hanya perlu membayar uang sukarela kepada penjaga candi. Nah, berikut ini terdapat 6 sejarah candi Surowono yang perlu untuk dipelajari.

1. Merupakan Sebuah Candi yang Bersejarah

candi surowono

candi surowono

Candi Surowono merupakan sebuah candi Hindu yang telah lama dibangun pada zaman Kerajaan Majapahit. Candi ini pada mulanya disebut dengan nama candi Wishnubhawanapura yang didirikan pada abad 14 untuk menghormati raja Bhre Wengker. Raja ini bertahta di Kerajaan Wengker yang masih berada dibawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

2. Bangunan Sudah Berusia Ratusan Tahun

Candi ini memiliki luas sekitar 7,8 x 7,8 meter. Tingginya kurang lebih 4,72 meter. Usianya sudah sekitar 617 tahun. Hingga sekarang ini bangunan ini masih sangat terjaga kelestariannya. Selain menjadi tempat wisata yang memiliki unser edukasi, Candi Surowono ternyata  masih digunakan sebagai tempat ritual.

3. Mengalami Beberapa Kali Pemugaran

Usia candi ini memang sudah mencapai ratusan tahun, namun masih terlihat terawat. Hampir 20 tahun Candi Surowono terakhir direnovasi. Tepatnya sebelum tahun 2000 silam di bawah naungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan yang membuat bangunannya masih terlihat apik.

4. Candi Menjadi Sebuah Tempat Pemujaan

Candi Menjadi Sebuah Tempat Pemujaan

Candi Menjadi Sebuah Tempat Pemujaan

Satu diantara 6 sejarah candi Surowono Pare yang penting terdapat pada poin keempat. Pada kitab Nagarakretagama dijelaskan bahwa Candi Surowono berada di Visnubuvanapura, yaitu sebuah tempat pemujaan umat Hindu yang berada di bawah kekuasaan Majapahit. Candi ini menghadap ke barat seperti sebagian besar candi yang lainnya di kawasan Jawa Timur. Walaupun berukuran kecil, namun candi ini memiliki banyak relief cantik untuk dilihat.

5. Masa Penyelesaian Bangunan Candi Bersejarah

Raja Bhre Wengker wafat pada tahun 1388. Pada saat itu diadakan sebuah upacara ritual untuk menghormatinya, tepatnya setelah 12 tahun masa kepergiannya yaitu tahun 1400. Diperkirakan ini merupakan tahun penyelesaian bangunan Candi Surowono.

6. Setiap Relief Mempunyai Cerita Tersendiri

relief Candi Surowono

relief Candi Surowono

Salah satu dari 6 sejarah Candi Surowono Pare yaitu terdapat pada kaki candi, Anda dapat melihat relief-relief yang berupa fabel dan juga tantri. Sedangkan pada bagian badan Candi, terdapat relief Arjunawiwaha, relief Bubuksah, dan relief Sri Tanjung. Terdapat juga beberapa patung raksasa yang disebut Gana di sana. Patung dengan posisi duduk ini memiliki dua tangan yang menyangga bagian atas candi.

Nah, itulah 6 sejarah Candi Surowono yang perlu Anda ketahui. Beberapa penjelasan di atas tentu akan semakin menambah pengetahuan tentang sejarah kerajaan masa lalu di Indonesia. Dengan mempelajari sejarah, pengenalan tentang budaya pun semakin meningkat. Jadi, objek wisata yang satu ini tentu akan sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Published on Oct 15, 2018 | Under Umum | By Anonim
Tagged with › sejarah
please edit your menu